RSS

SILABUS PSIKOLINGUISTIK ( Revisi )

29 Sep

oleh: Hj. Isna Sulastri, Dra., M. Pd.
Universitas Islam Nusantara

DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Psikolinguistik ini membahas tentang hubungan kejiwaan dengan bahasa seseorang ( Lihat buku Pedoman dan Panduan Akademik FKIP Uninus). Sesuai target ini maka materi perkuliahan difokuskan kepada dua sub disiplin utama psikolinguistik dari tujuh sub disiplin yang ada, yaitu sub disiplin: (1) psikolinguistik perkembangan dan (2) psikolinguistik pendidikan. Bertemali dengan ini maka mahasiswa selaku calon guru bahasa Indonesia perlu berusaha semaksimal mungkin untuk menguasai teori sesuai tuntutan kompetensi dasar yang ditetapkan di bawah ini. Setelah itu diharapkan mahasiswa pun mampu mengimlementasikan teori-teori yang dipelajarinya dalam pembelajaran bahasa kelak.

KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh wawasan yang memadai tentang hal-hal berikut:
1) sistem bahasa sebagai sistem logika;
2) bahasa dan penalaran;
3) konsep dasar psikolinguistik;
4) pemerolehan bahasa dan seluk beluknya;
5) pembelajaran bahasa dan seluk beluknya;
6) hubungan bahasa dengan faktor kejiwaan;
7) manfaat mempelajari psikolinguistik.

MATERI PERKULIAHAN
Untuk pencapaian tujuan sesuai tuntutan Kompetensi Dasar di atas, seyogianya mahasiswa mempelajari dan memahami materi di bawah ini.

1. Posisi Psikolinguistik dalam Kajian Bahasa
1.1 Hakikat Bahasa, Berpikir dan Berbahasa
1.2 Bahasa dalam Kajian Internal
1.3 Bahasa dalam Kajian Eksternal
1.4 Psikolinguistik sebagai Disiplin Mandiri
1.5 Tiga Generasi Psikolinguistik

2. Konsep Dasar Psikolinguistik
2.1 Pengertian Psikolinguistik
2.2 Sejarah Lahirnya Psikolinguistik
2.3 Tujuan Mempelajari Psikolinguistik
2.4 Tujuh Subdisiplin Psikolinguistik
2.5 Dua Bidang Kajian Utama Psikolinguistik
2.6 Pokok Bahasan Psikolinguistik

3. Ihwal Psikolinguistik Perkembangan
3.1 Hakikat Pemerolehan Bahasa
3.2 Proses Pemerolehan Bahasa
3.2.1 Proses pemerolehan fonologi
3.2.2 Proses pemerolehan semantic
3.2.3 Proses pemerolehan sintaksis
3.4 Beberapa Hipotesis tentang Pemerolehan Bahasa
3.5 Beberapa Jenis Gangguan Berbahasa

4. Ihwal Psikolinguistik Pendidikan
4.1 Hakikat Pembelajaran Bahasa
4.2 Peranan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa
4.3 Sejarah Pembelajaran Bahasa
4.4 Dua Tipe Pembelajaran Bahasa
4.5 Beberapa Teori tentang Pembelajaran Bahasa
4.6 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Bahasa

5. Manfaat Mempelajari Psikolinguistik
5.1 Manfaat bagi Pengguna Bahasa pada Umumnya
5.2 Manfaat bagi Guru dan atau Calon Guru Bahasa Indonesia

MODEL PERKULIAHAN
Selama mengikuti perkuliahan ini setiap mahasiswa seyogianya melakukan upaya maksimal untuk mendalami materi perkuliahan melalui kegiatan mandiri dan diskusi kelompok, dengan mengacu kepada buku sumber utama yang disepakati. Dengan cara seperti ini diharapkan mahasiswa dapat saling asah dan saling asuh. Setelah itu,– untuk meningkatkan penguasaan materi– maka dalam forum tatap muka akan dilakukan tanya jawab, presentasi individual/kelompok, debat, ceramah terbatas dan aneka jenis kegiatan lainnya yang memberi peluang kepada mahasiswa untuk menunjukkan kompetnsi dan performansi dirinya masing-masing.

PENILAIAN
Sesuai ketentuan yang tertuang dalam buku Pedoman dan Panduan Akademik FKIP Uninus maka nilai akhir untuk mata kuliah ini hanya akan diberikan jika mahasiswa sudah memenuhi semua komponen penilaian berikut:
1) kehadiran;
2) tugas/latihan/kuis;
3) Ujian Tengah Semester (UTS);
4) Ujian Akhir Semester (UAS).

Dalam penentuan nilai akhir, selain keempat komponen di atas partisipasi dan kontribusi mahasiswa selama kegiatan tatap muka berlangsung akan mendapat penghargaan paling besar dengan bobot paling tinggi di dalam mata kuliah ini.

BUKU PEGANGAN
Buku pegangan utama yang dipakai dalam mata kuliah ini adalah Psikolinguistik karangan Abdul Chaer yang diterbitkan oleh Rineka Cipta ( Silakan Anda cari buku terbitan terbaru ). Untuk memperluas wawasan mahasiswa maka semua buku yang memuat materi yang tersaji dalam Silabus ini juga dapat dipergunakan. Semakin banyak dan semakin beragam buku yang dibaca mahasiswa, diharapkan akan semakin luas dan semakin dalam pula wawasan mereka tentang psikolinguistik dan seluk beluknya, bukan?. Oleh karena itu, seyogianya setiap mahasiswa rajin berburu buku, terutama buku baru yang bermutu.

Selamat, semoga sukses dan bermanfaat!

CATATAN
Silabus ini masih berifat tentatif. Oleh karena itu masukan dan usul dari mahasiswa untuk penyempurnaan silabus ini sangat ditunggu. Terima kasih.

BAS Bandung, 10 September 2014
Isna Sulastri

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada September 29, 2014 inci Uncategorized

 

5 responses to “SILABUS PSIKOLINGUISTIK ( Revisi )

  1. saeful muminin

    Oktober 3, 2014 at 2:41 am

    assalamulaikum , bu saya saeful muminin dari prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia semester 1 di uninus .. alhamdulilah saya udah bikin blog bu , sering-sering liat ya bu , buat sekedar memberi kritik dan saran . hehe makasih bu . 🙂

     
  2. Indrie Rachmawati

    Oktober 4, 2014 at 3:43 pm

    assalamualaikum, saya Indrie Rachmawati mahasiswi FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia kelas A.5 Uninus Bandung. senang bisa berkeliling di blog ibu 🙂

     
  3. ai fitri padilah

    September 24, 2015 at 10:16 am

    Assalamu’alaikum..Bu blog ibu terutama tentang silabus psikolinguistik sudah saya baca dan berusaha untuk saya kaji..terima kasih..

     
  4. Mutia nur imani

    Oktober 5, 2016 at 5:03 pm

    Assalamu’alikum bu, saya mutia nur imani dari prodi PBS inggris semester 1 saya sudah baca blog ibu tapi sya ingin bertanya apa silabus ini hanya berlaku untuk semester 1 sja? Atau selanjutnya jga memakai silabus ini?
    Terimakasih

     
    • uniisna

      Oktober 5, 2016 at 10:08 pm

      Mutia, Silabus Psikolinguistik itu bukan untuk peserta perkuliahan Bahasa Indonesia hehehe.

       

Tinggalkan komentar