RSS

MENULIS: Silabus

18 Feb

Isna Sulastri
FKIP Uninus

DESKRIPSI MATA KULIAH
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Melalui perkuliahan ini mahasiswa dibimbing agar mereka memiliki kompetensi dan performansi  yang memadai dalam menulis karangan ilmiah. Untuk ini, mereka harus mengetahui: tujuan dan manfaat menulis karangan ilmiah, proses penulisan karangan ilmiah, peran sumber bahan dalam karangan ilmiah dan kaidah bahasa dalam karangan ilmiah. Setelah memahami teori terkait keempat hal tersebut secara rinci dan mendalam, diharapkan mereka pun mampu mengimplementasikan teori-teori yang dipelajarinya dalam menulis karangan ilmiah, Dengan demikian insya-Allah mereka pun dapat menghadirkan dirinya sebagai “Guru Bahasa Indonesia yang Profesional” kelak.

KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: (1) tujuan dan manfaat menulis karangan ilmiah, (2)  proses penulisan karangan ilmiah, ( 3) peran sumber bahan dalam karangan ilmiah, dan (4)  kaidah-kaidah penggunaan bahasa dalam karangan ilmiah ( terkait dengan ejaan, diksi, kalimat dan paragraf ). Berbekal pencapaian keempat tujuan itu, mahasiswa diharapkan (5) mampu membuat karya ilmiah sederhana, dalam rangka berlatih menerapkan teori yang sudah dipelajari. Setelah itu mahasiswa pun diharapkan (6) mampu menyunting naskah sendiri, sehingga menghasilkan karya ilmiah yang lebih baik.

INDIKATOR
Sesuai tuntutan kompetensi dasar di atas, diharapkan  mahasiswa mampu mencapai indikator berikut:
1)    menjelaskan hakikat karangan ilmiah;
2)    menjelaskan tujuan menulis karya ilmiah;
3)    menyebutkan tiga langkah pokok penulisan karangan ilmiah;
4)    menjelaskan langkah-langkah merancang karya ilmiah;
5)    berlatih merancang karangan karangan ilmiah;
6)    menjelaskan peranan sumber bahan dalam penulisan karya ilmiah;
7)    menjelaskan aturan dalam mengutip sumber bahan;
8)    menerapkan kaidah pengutipan dalam penulisan karya ilmiah;
9)    menjelaskan kaidah bahasa dalam karangan ilmiah;
10)    berlatih menerapkan kaidah bahasa Indonesia dalam karya ilmiah sendiri;
11)    menjelaskan hakikat menyuting karya ilmiah;
12)    menjelaskan tujuan menyunting karya ilmiah;
13)    berlatih menyunting karya ilmiah sendiri;
14)    berlatih menyunting kesalahan ejaan pada karya ilmiah sendiri;
15)    berlatih menyuntingnya kesalahan diksi pada karya ilmiah sendiri;
16)    berlatih menyuntingnya kesalahan kalimat pada karya ilmiah sendiri;
17)    berlatih menyuntingnya kesalahan paragraf pada karya ilmiah sendiri;
18)    menghasilkan karya ilmiah yan baik.

MATERI PERKULIAHAN
Agar mahasiswa memperoleh pengetahuan yang memadai tentang tulis-menulis karangan ilmiah, mereka perlu mempelajari  materi berikut.

1.    Tujuan Perkuliahan  Menulis di Perguruan Tinggi
2.    Proses Penulisan Karangan Ilmiah
2.1  Merancang
2.2  Mendraf
2.3  Menyunting
3.    Merancang Karya Ilmiah
3.1  Pengertian Merancang
3.2  Langkah Merancang
3.3  Hasil Akhir Kegiatan Merancang
3.4  Latihan Membuat Rancangan
3.5  Manfaat Kegiatan Merancang

4.    Ihwal Sumber Bahan dalam Penulisan Karya Ilmiah
4.1  Peran Sumber Bahan dalam Penulisan Karangan Ilmiah

  • Pengertian Sumber Bahan
  • Jenis Sumber Bahan
  • Manfaat Sumber Bahan
  • Hubungan Sumber Bahan dengan Daftar Pustaka

4.2  Kiat Memanfaatkan Sumber Bahan
4.3  Mengutip Bahan

  • Pengertian mengutip
  • Jenis kutipan
  • Kaidah Pengutipan
  • Latihan Memanfaatkan Kutipan dalam Karya Ilmiah

5.    Kaidah Bahasa dalam Karangan Ilmiah
5.1  Ihwal Paragraf

  • Pengertian paragraf
  • Jenis paragraf
  • Ciri paragraf yang baik

5.2  Ihwal Kalimat Efektif

  • Pengertian kalimat efektif
  • Syarat kalimat efektif
  • Contoh kalimat efektif

5.3  Ihwal Diksi

  • Pengertian diksi
  • Ketepatan dan kesesuaian diksi

5.4  Ihwal Ejaan

  • Kaidah pemakaian dan penulisan huruf
  • Kaidah penulisan kata
  • Kaidah penulisan unsur serapan
  • Kaidah tanda baca

6.    Menulis Karya Ilmiah
6.1  Sikap Ilmiah yang Perlu Dimiliki Penulis Karya Ilmiah
6.2  Latihan Menulis Karya Ilmiah sesuai Kaidah

7.    Menyunting Karangan Ilmiah
7.1  Pengertian Menyunting
7.2  Proses Menyunting
7.3  Latihan Menyunting
7.4  Manfaat Menyunting

8.     Manfaat Menulis Karya Ilmiah

PENILAIAN
Nilai akhir untuk mata kuliah Menulis ini akan diberikan jika mahasiswa sudah memenuhi semua komponen penilaian yang disajikan di bawah ini:
1)    kehadiran, minimal 75 %;
2)    tugas/latihan/kuis;
3)    Ujian Tengah Semester (UTS);
4)    Ujian Akhir Semester (UAS).
5)    Partisipasi dan kontribusi selama kegiatan tatap muka
Selain keempat komponen di atas, partisipasi dan kontribusi mahasiswa selama kegiatan tatap muka berlangsung akan diberi penghargaan dengan bobot paling tinggi.

RUJUKAN
Semua buku yang memuat materi yang tersaji dalam silabus ini, dapat digunakan sebagai rujukan. Semakin banyak dan semakin beragam buku yang dibaca oleh mahasiswa, tentunya akan semakin luas dan semakin dalam pula wawasan mereka tentang hal-hal yang terkait dengan tulis-menulis karangan ilmiah. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut siap berburu buku, terutama buku baru baru yang bermutu.
Sekedar pegangan awal, mahasiswa dapat memanfaatkan buku-buku di bawah ini. Silakan cari! Sebaiknya mahasiswa mencari buku terbitan terbaru.

* Akhadiah, S., dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
* Efendi S. Panduan Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Bandung: Remaja Rosdakarya
* Keraf, G.. Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah
* Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka

Selamat, semoga bermanfaat

BAS, Bandung, Pebruari 2012

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 18, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: