RSS

Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia

20 Feb

SILABUS

oleh: Isna Sulastri, Dra., M. Pd.

1. STANDAR KOMPETENSI

Mahasiswa mampu merencanakan dan melaksanakan Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia ( EPBI ) di jenjang SMA serta mampu pula memanfaatkan hasil EPBI untuk berbagai keperluan.

2. KOMPETENSI DASAR

Mahasiswa  memiliki kompetensi dan performansi dalam: (1) merencanakan EPBI, (2) melaksanakan EPBI, (3) menganalisis hasil EPBI dan (4) memanfaatkan hasil EPBI untuk berbagai keperluan. Dengan memiliki kompetensi dan performansi ini diharapkan mahasiswa pun dapat melaksanakan tugasnya sebagai calon evaluator profesional terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

3. INDIKATOR

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu:

1)   menjelaskan hakikat evaluasi;

2)   menyebutkan dua jenis evaluasi;

3)   menjelaskan tujuan mengevaluasi;

4)   menyebutkan tiga komponen bahan uji Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI);

5)   merencanaan EPBI / membuat kisi-kisi soal BSI;

6)   menyusun soal BSI yang baik;

7)    menganalisis kualitas butir soal BSI;

8)   menganalisis hasil ujian dengan PAN dan PAP;

9)   memanfaatkan hasil ujian untuk berbagai keperluan;

10)  menjelaskan manfaat mengikuti perkuliahan EPBI.

4.   MATERI KULIAH

Agar dapat mencapai kesepuluh indikator yang sudah ditetapkan sebelumnya, mahasiswa seharusnya berupaya menguasai materi berikut.

4.1    Konsep Dasar Evaluasi

4.1.1  Pengertian Evaluasi

4.1.2  Jenis Evaluasi

4.1.3  Tujuan Mengevaluasi

4.2  Perencanaan Ujian Bahasa

4.2.1  Pengantar

4.2.2  Tabel Spsifikasi

1) Pengertian Tabel Spesifikasi

2) Model Tabel Spesifikasi

3) Langkah Penyusunan Tabel Spesifikasi

4) Contoh Tabel Spesifikasi

5) Manfaat Tabel Spesifikasi

4.3  Penyusunan Soal Ujian Bahasa Indonesia

4.3.1  Jenis Ujian

4.3.2  Ciri Soal Ujian yang Baik

4.3.3  Komponen Bahan Uji Bahasa dan Sastra Indonesia

4.3.4  Langkah Penyusunan Soal Ujian Bahasa dan Sastra Indonesia

4.3.5  Penggunaan Bahasa dalam Soal Ujian Bahasa dan Sastra Indonesia

4.4  Pengolahan Hasil Ujian

4.4.1   Pengolahan dengan PAP

4.4.2   Pengolahan dengan PAN

4.5  Pemanfaatan Hasil Ujian

4.5.1   Pengukur Keberhasilan PBM

4.5.2    Pengukur Keberhasilan Guru

4.5.3    Pengukur Keberhasilan Siswa

4.5.4   Sebagai Bahan Penelitian

5.   PENILAIAN

Nilai akhir untuk mata kuliah ini diberikan jika mahasiswa sudah memenuhi komponen penilaian berikut:

1)       kehadiran (minimal 75 %)

2)       tugas/latihan/kuis

3)       Ujian Tengah Semester (UTS)

4)       Ujian Akhir Semester (UAS)

Selain keempat komponen di atas partisipasi dan kontribusi mahasiswa selama kegiatan tatap muka mendapat penghargaan paling besar dengan bobot paling tinggi. Oleh karena itu seyogianya mereka berkompetisi untuk menunjukkan kompetensi dan performansi masing-masing selama tatap muka berlangsung.

6.   BUKU PEGANGAN

Arifin, Zaenal. ( 2010 ). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. ( 2005 ). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Budiansyah, Dasim. ( 2003 ). Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung: Genesindo

Depdiknas. ( 2003 ). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran  Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Djiwandono, M. Soenardi. ( 1996 (. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB

Halim, Amran. ( 1982 ). Ujian Bahasa. Jakarta: PT. Wira Nurbakti

Joni, Raka. ( 1981 ). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Malang: Bang Evaluasi IKIP Malang

Nurgiyantoro, Burhan. ( 1987 ). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Safari. ( 2001 ). Pengujian dan  Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Kartanegara

Shirran Alex. ( 2008 ). Evaluating Students. Jakarta: Grafindo

Sirait,Bistok. ( 1983 ). Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: P2LPTK

Surapranata, Sumarna dan Moh. Hatta. ( 2004 ). Penilaian Portofolio. Bandung: Remaja Rosdakarya.

BAS Bandung,  Februari 2011

Penyusun Silabus,

Isna Sulastri

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 20, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: