RSS

BAHASA INDONESIA: Mengapa kita perlu mempelajarinya?

29 Jun

Banyak jawaban yang dapat diberikan atas pertanyaan di atas, tentu saja  sesuai dengan sudut pandang kita masing-masing. Tulisan kali ini mengedepankan hasil adaptasi yang penulis lakukan atas pandangan S. Effendi  *) berkaitan dengan pertanyaan itu. Pandangan beliau yang sangat bernalar ini sengaja penulis angkat dalam rangka berbagi dengan para pembaca yang budiman. Semoga bermanfaat.

Menurut beliau, bahasa adalah sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Kita dikenal dan menjadi populer di lingkungan pekerjaan atau di lingkungan lainnya, apabila kita mau dan mampu memahami orang lain dan mampu pula membuat orang lain memahami kita. Kita berhasil dalam belajar, bekerja, atau melakukan berbagai  aktivitas,  biasanya juga karena  kita dapat  memahami  orang lain  dan dapat pula membuat orang lain memahami kita. Semakin mampu kita memahami orang lain dan membuat orang lain memahami kita, biasanya akan semakin populer dan semakin berhasil kita dalam mengharungi kehidupan bermasyarakat. Tegasnya, kepopuleran dan keberhasilan itu antara lain bergantung pada adanya upaya untuk saling memahami di antara sesama manusia.

Saling memahami itu, berhubungan erat dengan penggunaan sumber daya bahasa yang dimiliki seseorang. Kita dapat memahami orang lain dengan baik apabila kita bersedia mendengarkan dengan baik apa yang dikatakan orang lain dan mau membaca dengan baik apa yang dituliskan orang lain. Sebaliknya kita dapat membuat orang lain memahami kita dengan baik, apabila kita mewicara dan atau menulis dengan baik untuk orang lain. Dengan kata lain, saling memahami ini sangat bertemali dengan kemauan dan keterampilan kita dalam mendengarkan, mewicara, membaca, dan menulis.

Ketika kita mendengarkan orang lain, membaca tulisan orang lain, mewicara dengan orang lain, dan  menulis untuk orang lain, berarti kita  berkomunikasi dengan orang lain. Agar  komunikasi ini berdaya-guna (efektif), kita perlu membina keterampilan mendengarkan, mewicara, membaca dan menulis. Semua  keterampilan ini dapat dimiliki  apabila kita mau mempelajari dan membinanya secara terus menerus. Manusia yang tidak mau membina dirinya sendiri, tidak akan memiliki  keterampilan tersebut, sebab semua keterampilan itu belum dimiliki sejak kita dilahirkan.

Kini, delapan puluh dua tahun sesudah Sumpah Pemuda diikrarkan, atau hampir  enam puluh lima tahun sesudah Undang-Undang Dasar 1945  menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, pemakaian bahasa Indonesia makin  meluas dan menyangkut beragam bidang kehidupan. Berbagai informasi dari seantero dunia yang kita dapatkan melalui internet, antara lain ditulis dalam bahasa Indonesia. Kita mendengarkan radio dan menonton televisi  menyiarkan berita tentang bermacam peristiwa kehidupan bangsa, juga dalam bahasa Indonesia. Kita mendengarkan pidato kenegaraan,  disampaikan pula dalam bahasa Indonesia. Beraneka ragam buku dan media cetak lainnya, sebagian besar juga ditulis dalam bahasa Indonesia. Begitu pula dengan bahasa pengantar di semua lembaga pendidikan dan dalam berbagai komunikasi resmi di negara kita, juga mempergunakan bahasa Indonesia.

Andaikata kita tidak memiliki pengetahuan dasar tentang penggunaan bahasa Indonesia dan tidak mampu berbahasa Indonesia, apakah yang akan terjadi kini pada diri kita? Mungkinkah kita dapat menyerap segala informasi seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika tidak memiliki kemampuan membaca dan mendengar yang memadai? Andai sudah memiliki kemampuan membaca dan mendengar yang memadai, akankah kita mampu membagi informasi yang didapatkan, tanpa memiliki kemampuan mewicara dan menulis yang memadai pula? Tentu tidak, bukan? Ketidakmampuan dalam berbahasa Indonesia ini menurut Effendi akan menyebabkan kita menjadi orang yang  “buta informasi” dan juga  “buta kemajuan zaman”. Lebih dari itu, kita pun tidak akan mampu berbagi ilmu dan informasi dengan orang lain.

Setujukah Anda dengan pandangan di atas? Jika setuju, marilah kita secara bersungguh-sungguh berupaya meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, dimulai dari diri masing-masing. Mari kita belajar menyerap informasi lewat kegiatan mendengarkan dan membaca serta berlatih pula berbagi ilmu pengetahuan melalui kegiatan mewicara dan menulis. Mudah-mudahan bekal pengetahuan dan  keterampilan berbahasa Indonesia yang dimiliki, akan dapat membantu kita dalam  menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa Indonesia. Dengan begitu, mudah-mudahan, — pelan tapi pasti – kita dapat berkiprah sebagai pengguna bahasa yang memiliki kompetensi dan performansi yang memadai di bidang ini. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan berupaya menjadi  penyimak dan pembaca yang baik, untuk kemudian juga menjadi pembicara dan penulis yang baik. Sebagai seorang penulis yang baik, kita harus  berupaya untuk mampu pula menghadirkan karya tulis terbaik yang ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan bernalar.

Semoga bermanfaat. Penulis menanti tanggapan dan komentar Anda dengan senang hati. Terima kasih.


Isna Sulastri

BAS,  29  Juni 2010

________

*) S. Effendi. (1995). Panduan Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Jakarta: Pustaka Jaya

 
17 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 29, 2010 in Uncategorized

 

17 responses to “BAHASA INDONESIA: Mengapa kita perlu mempelajarinya?

  1. Purwa (Pend. MTK "UNINUS")

    Februari 26, 2011 at 2:18 am

    bu minta ijin mengcopy materi

     
    • uniisna

      Februari 26, 2011 at 2:52 pm

      Silakan, semoga bermanfaat. Nanti ceritakan isinya kepada teman-teman ya (Pengganti ketidakhadiran Anda pada pertemuan pertama).

       
      • Purwa (Pend. MTK "UNINUS")

        Februari 27, 2011 at 4:05 am

        Iya siap bu!
        Insya Allah saya akan mencoba memahaminya terlebih dahulu.
        Terima kasih atas kebijakannya.

         
  2. Purwa (Pend. MTK "UNINUS")

    Februari 26, 2011 at 2:19 am

    bu ijin untuk mengcopy materi

     
  3. Rina Kusumahati

    Februari 26, 2011 at 12:37 pm

    assalamualaikum ibu … izin mengcopy juga ..hehehe

     
    • uniisna

      Februari 26, 2011 at 3:00 pm

      Waalaikum salam. Silakan Rina.

       
  4. dewi fathimah (pand mtk uninus")

    Februari 26, 2011 at 11:22 pm

    assalamualaikum
    bu izin mengcopy materi juga hhhehe

     
    • uniisna

      Februari 27, 2011 at 12:40 am

      Ya… silakan. Beritahu teman yang lain ya.

       
  5. annisa nurfitriani (pend.mtk UNINUS)

    Februari 27, 2011 at 3:21 am

    aslmualaikum……….ibu izin mengopy juga yaaa.hhe

     
  6. fitri sriyanti(pend.mtk uninus)

    Februari 27, 2011 at 7:01 am

    asalamualaikum,…………ibu fitri ijin mengkopi juga y.,

     
  7. neni yuningsih

    Februari 27, 2011 at 9:00 am

    bu maaf neni baru bilang..
    neni juga izin mengkopi bu…
    makasih..

     
    • uniisna

      Februari 27, 2011 at 10:22 am

      @ Annisa, Fitri, Neni, dan yang lainnya, silakan dikopi sesuai kebutuhan. Kalau nanti akan dimanfaatkan dalam karya tulis Anda, kutiplah sesuai etika keilmuan. Selamat membaca … sesudah itu menulislah.

       
  8. Arman Solihin

    Februari 27, 2011 at 12:18 pm

    Assalamualaikum, Bu, Arman juga Izin copy ya.

     
  9. Ira Purnamasari (FKIP UNINUS "PLB B1/II")

    Maret 10, 2011 at 12:09 pm

    Assalam’mualaikum…
    ijin untuk men-copy ya bu… ^_^

     
  10. Rini Lasmaya

    April 11, 2011 at 1:55 pm

    bu izin mengcopy ya

     
    • uniisna

      April 22, 2011 at 12:22 pm

      Silakan Rin, semoga bermanfaat.

       
  11. Endang Larassakti

    April 15, 2013 at 4:50 pm

    Bismillah………
    Terimakasih ibu, banyak ilmu yang saya dapat setelah perkuliahan ahad kemarin walau sebenarnya ibu belum memulai materi perkuliahan alias baru Mukodimah kalau dalam bahasa arabnya. Tapi, apa yang ibu sampaikan sangat menggugah semangat ini yang dulu berkobar (Insya Alloh…). Jadilah ilmuan yang ilmiyah! dan berbahasa Indonesialah yang baik, benar, dan bernalar ! semua itu bisa di mulai dengan menyimak(mendengarkan),membaca,menulis,dan mewicara. Mungkin itu yang dapat saya kutip dari apa yang ibu sampaikan.
    Dan saya sangat setuju dengan tulisan ibu diatas, bahwa kita harus terus mempelajari bahasa Indonesia dengan baik, benar, dan bernalar karena bahasa Indonesia adalah salah satu alat komunikasi bangsa kita untuk saling mengerti dan memahami satu sama lainnya, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa kita Insya Alloh akan terjaga keutuhannya.🙂

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: